Rpp Kelas 5 Tema3 St2 pb1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 15 Pulai Anak Air
Kelas/ Semester : V/ I
Tema : 3 (Makanan Sehat)
Subtema : 2
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1hari (6 x 25 Menit)
Hari / tanggal : Senin / 4 Oktober 2021
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : B.Indonesia
No | Kompetensi | Indikator |
3.4 | Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik | 3.1.1 Mengidentifikasi kata kunci iklan pada media cetak |
Muatan : PKn
No | Kompetensi | Indikator |
3.3 | Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat | 3.1.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang keanekaragaman di lingkungan sekitar. |
C. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa menyebutkan hal-hal penting dalam iklan media cetak.
2. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu melaporkan interaksi manusia dengan lingkungannya dan mendeskripsikan keragaman.
D. Uraian Materi
1. Iklan
2. Keberagaman
Kemampuan yang Dikembangkan
Sikap | : | Percaya diri |
Pengetahuan | : | kata kunci iklan |
E. Media dan Alat Pembelajaran
Buku, teks bacaan iklan media cetak, gadget dan media sosial online (WA)
F. Pendekatan dan Metode
Pendekatan: Scientific | Teknik: Daring & Luring |
Strategi: Cooperative learning | Metode: Online video & sharing grup |
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Mempersiapkan alat tulis dan tempat duduk. Meginstruksikan siswa untuk mencuci tangan sebelum memulai kegiatan dan berdoa. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar selalu bersemangat dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan COVID 19. Apersepsi dengan tanya jawab tentang kesiapan/kehadiran dan kesehatan siswa. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan gambaran kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa. | 15 menit |
Inti | Guru meminta siswa untuk mengamati lingkungan sekitar mereka dan mengidentifikasikan interaksi manusia. Guru melanjutkan diskusi kelas tentang interaksi manusia dan mengaitkannya dengan lingkungan sosial yang dimiliki oleh manusia, dan bagaimana keragaman ditemukan di hampir semua aspek kehidupan. Guru meminta siswa untuk mengingat kembali tentang contoh interaksi sosial manusia yang pernah mereka lihat di lingkungan sekitar mereka. Siswa menuangkan pemahaman mereka tentang interaksi manusia dan keberagaman dalam bentuk komik. Guru mengingatkan kembali tentang diskusi makanan pokok dan menjembatani dengan gambar iklan yang disajikan di buku siswa. Secara mandiri siswa diminta untuk mengidentifikasikan unsur-unsur iklan (kalimat iklan, kata kunci, gambar). | 160 menit/ hingga siswa selesai |
Penutup | Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada pembelajaran tersebut. Siswa mengerjakan evaluasi pembelajaran sebagai umpan balik terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan. Guru merefleksi pembelajaran dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari. Guru mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap selesai kegiatan dan menggunakan masker. | 15 menit |
H. Penilaian / Assesment
1. Pengetahuan : Jawaban yang dikirim siswa (tes tertulis)
2. Keterampilan : mengidentifikasi unsur iklan
Mengetahui, Kepala Sekolah
RETNO SUSILOWATI, S.Pd NIP. 196110281982022002 |
| Bukittinggi,....................... Guru Kelas V
ANGGRIA ELZA, S.Pd NIP. 198806152009012001 |
Komentar
Posting Komentar