RPP Matematika (jaring-jaring)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan  Pendidikan     : SDN 15 Pulai Anak Air

Muatan Pelajaran        : Matematika

Kelas/Semester             : V/II

Hari / Tanggal              : Senin / 31 Januari 2022

Alokasi Waktu             : 2 x 35 menit

 

A.      KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Kompetensi Dasar

Indikator

3.6

 

:

Menjelaskan dan menemukan Jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

3.6.1

Menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

 

 

3.6.2

Menjelaskan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

4.6

:

 

Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

4.6.1

Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

§   Dengan membuka bentuk bangun ruang sederhana (kubus dan balok) siswa dapat menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan benar

§   Dengan diskusi kelompok siswa mampu membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan benar

 

D.      MATERI PEMBELAJARAN

§   Jaring-jaring kubus dan balok

E.       METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN

§  Metode Pembelajaran : Inquiry, Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi Kelompok.

§  Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Daring (dalam jaringan)

 

F.       MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

§  Media

·         Kotak berbentuk kubus dan balok

§  Sumber Belajar

·         Buku Matematika  untuk SD/MI kelas V: Yogi Anggraena dan Erik Valentino tahun 2017

·         Internet

 

G.      ALUR PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Mengkondisikan kelas dan mengecek kehadiran siswa. Berdo’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Menyanyikan lagu  Indonesia Raya atau salah satu lagu wajib nasional. Pembiasaan membaca sebelum belajar sebagai kegiatan literasi. Apersepsi dengan mengajak siswa bercerita tentang kegiatannya di hari minggu. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

10 Menit

Kegiatan Inti

Melakukan tanya jawab tentang macam macam bentuk kubus dan balok yang mereka temui dalam kesehariannya untuk melakukan orientasi pada siswa terhadap masalah sehari-hari.  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai bentuk kubus dan balok serta yang dimaksud jaring-jaring. Siswa diminta untuk menemukan jaring-jaring kubus dan balok. Siswa mendapatkan Lks tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan Jaring-jaring kubus dan balok. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengisian Lks. Siswa di dalam kelompok berdiskusi menemukan cara penyelesaian masalah yang diajukan. Guru membimbing siswa dalam melakukan penyelidikan untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang dihadapi. Masing-masing kelompok menyusun laporan hasil diskusi kelompok. Menyajikan hasil diskusi kelompok tersebut dalam diskusi kelas. Siswa dan guru bertanya jawab tentang hasil diskusi kelompok. Siswa bersama guru menganalisis dan mengevaluasi proses dan hasil penyelesaian masalah yang telah didiskusikan.

50 menit

Penutup

Guru merefleksi pembelajaran dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada pembelajaran tersebut. Guru memberikan tindak lanjut berupat tugas untuk dirumah.

10 menit

 

H.      PENILAIAN PEMBELAJARAN

                1.       Penilaian Sikap:

a.    Prosedur               : Dalam proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran

b.    Teknik                  : Nontest

c.    Bentuk                 : Observasi

d.   Instrumen             :  Lembar Observasi (Terlampir)

 

                2.       Penilaian Pengetahuan:

a.    Prosedur               : Dalam proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran

b.    Teknik                  : Tes tertulis dan Google form

c.    Bentuk                 : Uraian

d.   Instrumen             : LKS

 

 

 

                3.       Penilaian Keterampilan:

a.    Prosedur               : Dalam proses pembelajaran

b.    Teknik                  : Non tes

c.    Bentuk                 : Observasi (Pengamatan)

d.   Instrumen             : Lembar Observasi (Terlampir)

 

 

Mengetahui,

PLT. Kepala Sekolah

 

 

 

 

RENY SALVYA, S.Pd

NIP. 197008311994032001

 

Bukittinggi,.......................

Guru Kelas V

 

 

 

 

ANGGRIA ELZA, S.Pd

NIP. 198806152009012001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

URAIAN MATERI

 

Jaring-jaring adalah bentuk permukaan dari suatu bangun ruang





1. jaring-jaring kubus

 

 

 

 

 

 

2. Jaring-jaring balok



   

 

 


Lampiran 2

LEMBAR KERJA SISWA

LKS

Menemukan jaring-jaring kubus dan balok

 

Nama Kelompok                     : …………………..

Nama Anggota Kelompok      :

1.         ………………………….

2.         ………………………….

3.         .........................................

4.         .........................................

5.         .........................................

6.         .........................................

Hari/Tanggal                          : ………………………….

Tujuan                                    : Setelah mengerjakan LKS, siswa dapat menemukan jaring-jaring kubus dan balok

 

Langkah Kerja

1.             Ambilah sebuah benda yang berbentuk kubus dan balok

2.             Diskusikan dengan kelompokmu. Bagaimana cara menemukan jaring-jaring kubus dan balok tersebut!

3.             Tulislah cara kelompokmu untuk menemukan jaring-jaring kubus dan balok pada kolom dibawah ini!

 

 

 

 

4.             Gambarkan jaring-jaring kubus dan balok yang kamu temukan pada belakang halaman ini!

5.             Kesimpulan :

 …………………………………………………………………………………….

 …………………………………………………………………………………….

 …………………………………………………………………………………….

 

 

 

Lampiran 7

 

LEMBAR OBSERVASI

 

Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

Komentar