RPP KELAS 5 SELASA 17 JANUARI 2023
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri 15 Pulai Anak Air
Kelas /Semester :
V/2 (dua )
Tema : Panas dan Perpindahannya
Sub tema 2 :
Perpindahan Kalor di Sekitar kita
Pembelajaran ke- : 2
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA.SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
Hari / Tanggal :
Selasa / 17 Januari 2023
A. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
IPA
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari |
3.6.1 Menjelaskan
pengertian kalor dalam kehidupan sehari-hari 3.6.2 Menjelaskan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari 3.6.3 Menerapkan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
4.6Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor. |
4.6.1 Melaporkan hasil
pengamatan tentang perpindahan kalor |
SBdP
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Memahami tangga nada. |
3.2.1 Mengidentifikasi
tangga nada 3.2.2 Menjelaskan
jenis tangga nada |
4.2Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik. |
1.2.1
Menyanyikan lagu dalam
berbagai tangga nada dengan iringan musik |
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengidentifikasikan
hal-hal penting dari bacaan, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media cetak secara tulisan dengan tepat.
2.
Dengan membuat peta konsep,
siswa mampu menjelaskan cara perpindahan kalor secara percaya diri.
3.
Dengan melakukan percobaan,
siswa mampu menyelidiki tentang perpindahan panas secara konduksi dengan benar.
4.
Dengan mengamati gambar
pola lantai dalam tari, siswa mampu menjelaskan pengertian pola lantai dalam tari kreasi daerah secara tepat.
C. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Teks Penjelasan
2.
Surat undangan
3.
Kalor dan Perpindahannya
4.
Memainkan alat musik
sederhana
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. 3.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan. 4.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. |
15
menit |
Kegiatan
inti |
Ayo Membaca Ø
Guru
menggunakan teks bacaan singkat dan dialog yang disajikan pada Buku Siswa
untuk membuka kegiatan pembelajaran dan diskusi tentang perpindahan panas. Ø
Guru
memberikan penekanan mengenai definisi perpindahan panas secara konveksi,
contohnya dalam kehiduan sehari-hari dan perbedaannya dengan konduksi. Ayo Menulis Ø
Berdasarkan
bacaan yang dibacanya, siswa mengidentifikasikan hal-hal penting dari bacaan
dan menuliskannya pada tabel yang disediakan. Ø
Siswa
melakukan kegiatan percobaan untuk menyelidiki tentang perpindahan panas
secara konveksi. Ø
Siswa
menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti tahapan-tahapan kegiatan
percoban. Ø
Siswa
mengamati secara rinci semua proses yang terjadi dalam kegiatan percobaan
tersebut. Ø
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan di Buku Siswa terkait dengan
kegiatan percobaan yang dilakukan. Ayo Membaca Ø
Siswa
mencermati dan membaca teks bacaan yang berjudul “Pola Lantai dalam Seni
Tari”. Ø
Siswa
mengamati gambar garis-garis yang menjelaskan tentang pola lantai dalam tari. Ayo Menulis Ø
Siswa
membuat ringkasan dari bacaan yang ia baca. Ø
Siswa
meringkas dengan menemukan ide pokok dan informasi penting dalam sebuah
bacaan. |
180 menit |
Penutup |
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung: 2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15
menit |
F.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol
(positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
b.
Penilaian Pengetahuan
Muatan |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instumen |
Bahasa Indonesia |
KD
Bahasa Indonesia 3.3 dan 4.3 |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
IPA |
KD IPA
3.6 dan 4.6 |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
SBdP |
KD SBdP
3.3 dan 4.3 |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
c.
Unjuk Kerja
Membuat Kesimpulan dari Bacaan
Bentuk Penilaian : Tertulis
Instrumen Penilaian : Daftar Periksa
KD BI 3.3 dan 4.3
Muatan |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instumen |
Bahasa Indonesia |
KD
Bahasa Indonesia 3.3 dan 4.3 |
Diskusi
dan unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14. |
IPA |
KD IPA
3.6 dan 4.6 |
Unjuk
kerja dan hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17. |
SBdP |
KD SBdP
3.3 dan 4.3 |
Unjuk
kerja dan hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17. |
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
Jurnal Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah IPMAIYALDI,
S.Pd NIP.
198305022005011004 |
|
Bukittinggi,....................... Guru Kelas V ANGGRIA
ELZA, S.Pd NIP.
198806152009012001 |
Komentar
Posting Komentar